Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

View previous topic View next topic Go down

Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  kakul on Sat Jan 24, 2009 9:06 am

Saya mau melemparkan pertanyaan ke forum mengenai Epos Mahabharata dan Ramayana. Banyak kalangan mempercayai kalau Mahabharata dan Ramayana itu benar-benar terjadi. Mereka menghubungkan kedua karya sastra terbesar sepanjang sejarah ini dengan nama-nama tempat yang ada di India seperti Kuruksetra, Gangga, Yamuna dan juga tempat yang ada di Sri Lanka (Alengka). Turunnya dua Awatara dalam dua kisah kepahlawanan ini yakni Rama dan Krishna semakin meyakinkan kalangan yang percaya bahwa kedua kisah ini adalah kisah nyata yang kemudian ditulis atau didokumentasikan oleh Bhagawan Walmiki dan Bhagawan Krishna Dwipayana.

Namun ada juga sebagian kalangan meyakini kalau kedua maha cerita ini adalah karya fiksi yang didalamnya sarat dengan tuntunan-tuntunan Dharma. Pernah juga saya dengar kalau Mahabharata itu dikarang oleh Bhagawan Krishna Dwipayana untuk hadiah kepada raja yang berkuasa di negeri Bharata (ini negeri yang sebenarnya yang sekarang menjadi tanah India) yang baru saja sukses menjalankan upacara Aswameda, atau menaklukkan negara-negara lain dengan melepas seekor kuda yang diikuti oleh prajurit yang siap perang (sebuah tradisi raja-raja di India kuno, bahkan dalam cerita Mahabharata sendiri dikisahkan Yudhistira pernah melakukan upacara ini, sebelum Sakuni atau Raja Madra mengobrak-abrik kerajaan wangsa Kuru itu).

Saya mohon pendapat rekan-rekan di forum ini.
Terimakasih.

kakul
Atiti
Atiti

Posts : 35
Join date : 2009-01-24

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  sakradeva on Sun Jan 25, 2009 9:45 am

Terima kasih Bro kakul atas postingannya di FDB

klo menurut saya, seberapa pentingkah bagi qta untuk mencari kebenaran, Ramayana dan Mahabharata apakah sebuah sejarah yang pernah terjadi atai sebuah fiksi....
karena bagi saya apapun jawabannya (hasil apakah fakta sejarah ato cuma Fiksi), tidak akan merubah pandangan saya, bahwa kedua Epos itu kaya akan nilai luhur, tentu saja ajaran Hindu dari segi praktis, banyak hal dalam kedua Epos tersebut layak dijadikan cerminan Hidup.

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  kakul on Tue Jan 27, 2009 12:31 pm

Lam kenal bro sakradeva, perasaan pernah baca nick yang sama di forum sebelah, apa yang punya nick orangnya sama?

Pada intinya saya sependapat dengan pandangan bro sakradeva. Sejarah atau fiksi tidak menjadi penting, karena yang terpenting adalah bagaimana sebagai seorang manusia kita bisa mengambil ajaran-ajaran didalamnya yang tidak usang dimakan zaman. Contoh, perjudian bisa menghancurkan keharmonisan keluarga, terhinanya martabat seseorang dan seterusnya. Juga sifat tamak yang ingin menuasai istri orang pastinya akan mendapat pembalasan dari yang punya istri.

Hanya saja saya sering mendapat pertanyaan dari kalangan non-hindu mengenai apa Rama dan Krishna itu benar-benar pernah lahir seperti halnya Bodisatwa, sehingga beliau dikatakan sebagai titisan Wishnu?

Thanks bro ...

kakul
Atiti
Atiti

Posts : 35
Join date : 2009-01-24

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  sakradeva on Wed Jan 28, 2009 11:52 am

ha ha bro kakul .... mungkin orangnya sama Laughing

sebenarnya banyak makalah yang terkait dengan Kisah Mahabharata dan Ramayana apakah fiksi atau Sejarah ini salah satunya
mungkin rekan yang lainnya punya source yg lebih lengkap....

jembatan purba

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  kakul on Thu Jan 29, 2009 8:11 am

Terimakasih untuk link-nya. Ada bukti kalau kisah Ramayana adalah sejarah adanya. Hanya saja saya kurang faham kalau pasukan kera itu apa benar manusia kera atau analogi untuk wangsa Dravida yang berkulit hitam ?

kakul
Atiti
Atiti

Posts : 35
Join date : 2009-01-24

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  adit38 on Fri Jan 30, 2009 10:19 am

mungkin manusia kera itu merupakan simbol bagi orang-orang yang tingginya dibawah rata-rata bangsa arya??

adit38
Atiti
Atiti

Posts : 38
Join date : 2009-01-23
Age : 36
Location : Paya - NTB

View user profile http://adit38.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  sakradeva on Fri Jan 30, 2009 11:59 am

kakul wrote:Terimakasih untuk link-nya. Ada bukti kalau kisah Ramayana adalah sejarah adanya. Hanya saja saya kurang faham kalau pasukan kera itu apa benar manusia kera atau analogi untuk wangsa Dravida yang berkulit hitam ?


Mungkin kita perlu kaji ulang lagi deh masalah Bangsa Arya dan Dravida......
isu ini dihembuskan pertama kali oleh Max Muller seorang ahli sanskrit dan Indologi
sebenarnya Teori Ekspansi Arya ke India baru berupa suatu Hipotesa, namun hal itu sangat mempengaruhi Peneliti2 berikutnya.

Max Muller bisa aja salah seprti pernyataannya yang meralat hasil penelitian awalnya bahwa Hindu adalah Polytheisme namun dia sendiri meralat kemudian... bahwa Hindu adalah Monotheisme....... tetapi dunia Internasional khususnya Barat cenderung termakan oleh pernyataan Max Muller yang pertama. No


kontroversi Invansi Arya

Teori Tentang Arya

Verifikasi Veda
yang ini keren banget bro... ada ulasan tentang Dvaraka kotanya Lord Khrisna yang ditemukan dibawah laut (dalam Mahabharata diceritakan bangsa Vhrisni mengalami kehancuran karena perang saudara dan kerajaan mereka tenggelam ke dasar laut)


mudah2an ada yang bisa bantu menterjemahkan..... Embarassed

tak cari deh source yang lain

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  sakradeva on Fri Jan 30, 2009 12:45 pm

kakul wrote:
Pernah juga saya dengar kalau Mahabharata itu dikarang oleh Bhagawan Krishna Dwipayana untuk hadiah kepada raja yang berkuasa di negeri Bharata (ini negeri yang sebenarnya yang sekarang menjadi tanah India) yang baru saja sukses menjalankan upacara Aswameda, atau menaklukkan negara-negara lain dengan melepas seekor kuda yang diikuti oleh prajurit yang siap perang (sebuah tradisi raja-raja di India kuno, bahkan dalam cerita Mahabharata sendiri dikisahkan Yudhistira pernah melakukan upacara ini, sebelum Sakuni atau Raja Madra mengobrak-abrik kerajaan wangsa Kuru itu).

Saya mohon pendapat rekan-rekan di forum ini.
Terimakasih.

correct dikit boleh kan Bro.....

Penaklukan Kerajaan2 di Bharatavarsa dalam rangka Aswamedha Yajna dilakukan Pandava dilanjutkan dengan Rajasuya diceritakan dalam Sabha Parva ( Parva yang kedua)
Sakuni itu adalah Putra Raja Gandara
sedangkan Raja Madra adalah Salya , paman dari Nakula dan Sahadeva

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  kakul on Sat Jan 31, 2009 10:18 am

Very Happy thanks bro atas koreksinya, maksud saya saya nulisnya Raja Gandara, jadi kakaknya Gandari, permaisuri raja wangsa Kuru.

kakul
Atiti
Atiti

Posts : 35
Join date : 2009-01-24

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  sakradeva on Sat Jan 31, 2009 1:29 pm

sakradeva wrote:
kontroversi Invansi Arya

Teori Tentang Arya

Verifikasi Veda
yang ini keren banget bro... ada ulasan tentang Dvaraka kotanya Lord Khrisna yang ditemukan dibawah laut (dalam Mahabharata diceritakan bangsa Vhrisni mengalami kehancuran karena perang saudara dan kerajaan mereka tenggelam ke dasar laut)


mudah2an ada yang bisa bantu menterjemahkan..... Embarassed

tak cari deh source yang lain

Ada hal yang patut disayangkan. PHDI sebagai Lembaga Hindu tertinggi di Indonesia pun termakan ama Teori Invansi Bangsa Arya
coba anda baca tentang artikel yang dimuat di Situs milik Parisada kita
ini link nya

Parisada Idem Max Muller

seharusnya Parisada turut aktif dalam meluruskan Sejarah Hindu bukan larut dalam tulisan non Hindu .... Crying or Very sad

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  JakaLoco on Wed Feb 04, 2009 10:31 am

Ikut gabung hahahaha.....

ehm Ramayana & Mahabarata??
saya yakin beneran...setiap kali Avatar turun pasti ada pujangga yg akan merangkai kisahNya..tujuan Avatar turun khan memberi ajaran2 tentang kebenaran dan kebajikan..
agar ajaran2 ini dpt diwariskan dari zaman ke zaman maka kisah tersebut dituliskan agar gak dilupakan generasi berikutnya..

@sakradeva

lo orang yg sama ama di forum yg entu ya???
hehehehe...lo khan taw kalo gw ngiring sesuhunan..
kalo ada kesempatan gw akan bertanya kpd Guru gw apakah Ramayana dan Mahabarata itu benar2 terjadi ato gak..

JakaLoco
Atiti
Atiti

Posts : 11
Join date : 2009-02-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  sakradeva on Thu Feb 05, 2009 9:01 am

@jakaloco...

he he... skrg gw jarang main kesana

oh ya klo dah dapat jawaban dari Guru nya segera kasi info ya....

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  JakaLoco on Fri Feb 06, 2009 8:02 am

@sakradeva

oh ya klo dah dapat jawaban dari Guru nya segera kasi info ya....

sebenarnya Sesuhunan pernah mapiteket ttg Ramayana..
dan telah dijabarkan oleh Guru kepada beberapa muridnya termasuk nyokap gw..
sayang sekali nyokap gw lupa2 inget gimana gitu...nyokap gw cuma inget kalo Rsi Walmiki yg menggubah kisah Ramayana itu dulunya adl penjahat...
waduh gw jd penasaran nich!!!

JakaLoco
Atiti
Atiti

Posts : 11
Join date : 2009-02-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  kakul on Fri Feb 06, 2009 8:48 am

Bro... bgmn ceritanya Rshi Walmiki dikatakan dulunya penjahat? Ntar bro bisa dituntut yang bersangkutan, bisa dijerat pasal 338 KUHP Laughing

Ceritain dikit bro, ane jadi fenasaran nih !

kakul
Atiti
Atiti

Posts : 35
Join date : 2009-01-24

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  JakaLoco on Tue Feb 10, 2009 11:01 am

kakul wrote:Bro... bgmn ceritanya Rshi Walmiki dikatakan dulunya penjahat? Ntar bro bisa dituntut yang bersangkutan, bisa dijerat pasal 338 KUHP Laughing

Ceritain dikit bro, ane jadi fenasaran nih !

Lho??lo belum taw ya???
emang koq sebelum Rsi Walmiki sebelum menjadi seorang Rsi adl panjahat bernama Ratnakara..
coba dech lo cari infonya di buku agama ato tanya ama guru agama lo...

JakaLoco
Atiti
Atiti

Posts : 11
Join date : 2009-02-04

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  sakradeva on Wed Feb 11, 2009 7:09 am

betul, apa yang di bilang si Jaka

Rsi Walmiki / Balmiki dulunya adalah seorang Perampok
sampai suatu saat beliau bertemu dengan DevaRsi Narada
yang membuat beliau sadar akan dosa yang telah dilakukan

Pada bagian awal dari hidupnya, Valmiki adalah seorang perampok jalanan . Ia biasa merampok orang-orang yang lewat untuk menghidupi anak-anak dan istrinya. Suatu hari Devarsi Narada lewat dan perampok itu menyerang orang suci itu.
Narada bertanya pada Valmiki mengapa ia merampoknya. "Untuk menghidupi keluargaku," jawab perampok itu. "Ketika kamu merampok seseorang kamu juga menimbulkan banyak dosa. Apakah keluargamu juga mau memikul dosamu itu?" tanya Devarsi itu. "Aku yakin mereka mau," jawab perampok. "Baiklah," kata Devarsi, "mengapa kamu tidak mengikat aku disini, pulang, dan tanyai setiap orang apakah mereka siap membagi dosamu dengan uang yang kamu bawa pulang?" Perampok itu setuju. Dia mengikat Devarsi pada sebatang pohon dan lari ke rumahnya yang sederhana. Disana ia menanyai semua anggota keluarganya dengan pertanyaan, "Maukah kamu membagi dosaku?" Seluruh anggota keluarga termasuk istrinya, memberikan jawaban "tidak."

Untuk pertama kali dalam hidupnya, perampok itu memahami kebenaran. Dengan air mata berguguran di pipinya ia lari kepada Narada dan memohon ampun. Devarsi Narada kemudian mengajari perampok itu bagaimana memuja Tuhan.
Dalam Tapasya nya, perampok itu begitu larut sehingga semut-semut membangun bukit semut di sekitar dirinya. Akhirnya, setelah bertahun-tahun , sebuah suara datang entah dari langit meminta perampok itu untuk bangun dari meditasinya. Suara itu menamainya Valmiki, artinya "dia yang lahir dalam bukit semut.

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  adit38 on Thu Feb 12, 2009 9:41 am

kakul wrote:Bro... bgmn ceritanya Rshi Walmiki dikatakan dulunya penjahat? Ntar bro bisa dituntut yang bersangkutan, bisa dijerat pasal 338 KUHP Laughing

Ceritain dikit bro, ane jadi fenasaran nih !

waks......., pasal pemfitnahan ya bro...
Laughing

adit38
Atiti
Atiti

Posts : 38
Join date : 2009-01-23
Age : 36
Location : Paya - NTB

View user profile http://adit38.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  kakul on Fri Feb 27, 2009 3:13 pm

sakradeva wrote:betul, apa yang di bilang si Jaka

Rsi Walmiki / Balmiki dulunya adalah seorang Perampok
sampai suatu saat beliau bertemu dengan DevaRsi Narada
yang membuat beliau sadar akan dosa yang telah dilakukan

Pada bagian awal dari hidupnya, Valmiki adalah seorang perampok jalanan . Ia biasa merampok orang-orang yang lewat untuk menghidupi anak-anak dan istrinya. Suatu hari Devarsi Narada lewat dan perampok itu menyerang orang suci itu.
Narada bertanya pada Valmiki mengapa ia merampoknya. "Untuk menghidupi keluargaku," jawab perampok itu. "Ketika kamu merampok seseorang kamu juga menimbulkan banyak dosa. Apakah keluargamu juga mau memikul dosamu itu?" tanya Devarsi itu. "Aku yakin mereka mau," jawab perampok. "Baiklah," kata Devarsi, "mengapa kamu tidak mengikat aku disini, pulang, dan tanyai setiap orang apakah mereka siap membagi dosamu dengan uang yang kamu bawa pulang?" Perampok itu setuju. Dia mengikat Devarsi pada sebatang pohon dan lari ke rumahnya yang sederhana. Disana ia menanyai semua anggota keluarganya dengan pertanyaan, "Maukah kamu membagi dosaku?" Seluruh anggota keluarga termasuk istrinya, memberikan jawaban "tidak."

Untuk pertama kali dalam hidupnya, perampok itu memahami kebenaran. Dengan air mata berguguran di pipinya ia lari kepada Narada dan memohon ampun. Devarsi Narada kemudian mengajari perampok itu bagaimana memuja Tuhan.
Dalam Tapasya nya, perampok itu begitu larut sehingga semut-semut membangun bukit semut di sekitar dirinya. Akhirnya, setelah bertahun-tahun , sebuah suara datang entah dari langit meminta perampok itu untuk bangun dari meditasinya. Suara itu menamainya Valmiki, artinya "dia yang lahir dalam bukit semut.

Bro yang saya bold diatas kok sepertinya nyeleneh. Bukankah karma (akibat perbuatan dosa) melekat pada diri atau roh seseorang. Kenapa dilimpahkan kepada keluarga atau orang lain? Ini kan tidak bisa bro, konsepnya tidak masuk kesana.

kakul
Atiti
Atiti

Posts : 35
Join date : 2009-01-24

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  sakradeva on Sat Feb 28, 2009 11:50 am

sebagai pembanding ..............
coba bro baca Mahabharata ttg kisah turunnya sungai Gangga dari Swarga atas permohonan Raja Baghirata untuk membersihkan dosa leluhurnya ( 60.000. putra raja Sagara )

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  adit38 on Thu Mar 05, 2009 10:47 pm

Yap, koq agak aneh, karma bs dipindahkan.
Apa ga cuma simbolis cerita itu?

adit38
Atiti
Atiti

Posts : 38
Join date : 2009-01-23
Age : 36
Location : Paya - NTB

View user profile http://adit38.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  sakradeva on Tue Mar 10, 2009 7:34 am

gini aja deh Bro Adit38 biar ga pusing2 he he ... just kidding

Pahala dari karma memang melekat pada pelaku
namun pahala tidak saja berakibat pada pelaku tapi juga pada orang2 dekat, keluarga sahabat/ teman.

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  kakul on Tue Mar 10, 2009 8:54 am

Waduh ... Shocked kalau saya sahabatnya bro adit38 bisa kena imbas dosa-dosanya dong? he he just kidding

kakul
Atiti
Atiti

Posts : 35
Join date : 2009-01-24

View user profile

Back to top Go down

yakin dan percaya

Post  nata18 on Sun Apr 19, 2009 1:35 pm

lam kenal buat semuanya deh.
selama kita masih memeluk Hindu keyakinan akan kisah Mahabrata dan Ramayana harus ada, karena didalam kisah tersebut terdapat awatara Tuhan. Jika kita meragukan berarti kita meragukan Veda tentang awatara Tuhan.

nata18
Atiti
Atiti

Posts : 1
Join date : 2009-04-19
Location : palangka raya

View user profile

Back to top Go down

Percaya

Post  yogi home on Wed Apr 22, 2009 6:21 pm

Hallo...
Saya termasuk bagian yang yakin 100% itu nyata, gak tau kenapa ya....
Yakin aja...

yogi home
Atiti
Atiti

Posts : 3
Join date : 2009-04-21
Age : 35
Location : Praya NTB

View user profile http://www.smkn2-prayatengah.sch.id

Back to top Go down

Re: Mahabharata & Ramayana Fiksi atau Reality

Post  Sponsored content Today at 7:05 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum