KRODA menurut Hindu

View previous topic View next topic Go down

KRODA menurut Hindu

Post  adit38 on Thu Feb 12, 2009 9:58 am

Question
Menurut sahabat disini, benarkah kroda atau sifat marah adalah musuh utama dari kita?

adit38
Atiti
Atiti

Posts : 38
Join date : 2009-01-23
Age : 36
Location : Paya - NTB

View user profile http://adit38.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  kakul on Tue Feb 24, 2009 2:20 pm

Bagaimana bro sakradeva, ditunggu loh komentarnya?

kakul
Atiti
Atiti

Posts : 35
Join date : 2009-01-24

View user profile

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  sakradeva on Tue Mar 03, 2009 10:50 am

Sad Ripu
Sad Ripu adalah enam jenis musuh yang timbul dari sifat-sifat manusia itu sendiri, yaitu Kama artinya sifat penuh nafsu indriya
Lobha artinya sifat loba dan serakah
Krodha artinya sifat kejam dan pemarah
Mada adalah sifat mabuk dan kegila-gilaan
Moha adalah sifat bingung dan angkuh
Matsarya adalah sifat dengki dan irihati.

silahkan dilanjut .............. Very Happy

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  JakaLoco on Tue Mar 03, 2009 2:11 pm

Sad Ripu tidak bisa dibuang dari diri kita, hanya bisa dikendalikan..
mengapa Hyang Widhi memberikan kita sifat amarah??karena jika amarah itu ditempatkan di tempat yg benar amarah itu sesungguhnya amerta,..
karena rasa marah yg menggebu-gebulah akibat tanah airnya dijajah bangsa asing maka pejuang RI berjuang mati-matian mempertahankan tanah air, bayangkan kalo bangsa kita gak merdeka bisa2 jadi budak kita sekarang ato hidup kayak di jalur gaza!
kalo gak dikomporin ama Shri Khrisna bisa aja Arjuna sekarang lebih dikenal sebagai pengecut bukan sebagai ksatria sejati..
jadi amarah itu dikendalikan bukan ditolak mentah-mentah..

JakaLoco
Atiti
Atiti

Posts : 11
Join date : 2009-02-04

View user profile

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  sakradeva on Tue Mar 03, 2009 2:53 pm

Dewa ya bhuta ya.... gitu kan intinya adinda Jaka Very Happy

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  adit38 on Thu Mar 05, 2009 10:35 pm

Trus jika terhadap penjajah apa kita mesti bunuhi dgn kejam?
Mahatma Gandhi ga sampe membunuh kan?

adit38
Atiti
Atiti

Posts : 38
Join date : 2009-01-23
Age : 36
Location : Paya - NTB

View user profile http://adit38.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  sakradeva on Fri Mar 06, 2009 9:05 am

Waduh ada embel embel kejamnya nih
ya jangan kejam dong, membunuh tidak selalu identik dengan kejam itu hal yang berbeda, sesuai Sikonnya
seorang ibu membunuh bayinya (itu tindakan kejam)
tapi klo anda membunuh karena membela diri ,itu masalah lain
apa kah bro tidak melawan karena ingat ajaran Ahimsa saat ada perampok mau membunuh anda ?

Dalam perjuangan ada beberapa cara bisa ditempuh :
kekerasan ( senjata )
Diplomasi
Non cooperative

Mahatma Gandhi menempuh jalur non kekerasan dan juga non cooperative , cara yang beliau berhasil, memang itu adalah bentuk perjuangan yang ideal , namun adakalanya perjuangan harus ditempuh dengan kekerasan setelah semua pilihan tidak ada.

Sabda Sri Khrisna yang kita kenal dengan Bhagavad Gita kepada Arjuna untuk menghapus keraguan Arjuna atas dosa yang akan ditanggung karena memerangi Saudara2 nya, patut kita jadikan pegangan pada tempatnya.

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  JakaLoco on Fri Mar 06, 2009 2:00 pm

sakradeva wrote:Dewa ya bhuta ya.... gitu kan intinya adinda Jaka Very Happy

idem kakanda..hehehe gw serasa kayak arjuna manggil kakaknya..

Dewa ya bhuta ya ini sudah digambarkan dengan jelas dlm peristiwa "Pemutaran Gunung Mandara Giri" dimana para Dewa dan iblis(bhuta kala) bekerjasama agar lautan susu bisa diaduk dan memunculkan harta2 yang tak ternilai seperti Tirta Amertha, kuda Ucesrawa, dll.."Pemutaran Gunung Mandara Giri" ini juga ada dlm diri kita ketika menjalani hidup sehari-hari..apakah baik jika seorang pedagang merugi karena gak mau berbohong ke pembeli?apakah baik jika rakyat tidak mau membela tanah airnya ketika dijajah?bukankah dalam perang ada istilah "kalo tidak membunuh ya dibunuh!"?

JakaLoco
Atiti
Atiti

Posts : 11
Join date : 2009-02-04

View user profile

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  adit38 on Sun Mar 08, 2009 10:05 am

sakradeva wrote:Waduh ada embel embel kejamnya nih
ya jangan kejam dong, membunuh tidak selalu identik dengan kejam itu hal yang berbeda, sesuai Sikonnya
seorang ibu membunuh bayinya (itu tindakan kejam)
tapi klo anda membunuh karena membela diri ,itu masalah lain
apa kah bro tidak melawan karena ingat ajaran Ahimsa saat ada perampok mau membunuh anda ?

Dalam perjuangan ada beberapa cara bisa ditempuh :
kekerasan ( senjata )
Diplomasi
Non cooperative

Mahatma Gandhi menempuh jalur non kekerasan dan juga non cooperative , cara yang beliau berhasil, memang itu adalah bentuk perjuangan yang ideal , namun adakalanya perjuangan harus ditempuh dengan kekerasan setelah semua pilihan tidak ada.


Nah itu bro, kita ga pernah tau semua pilihan, kita tidak mudah melihat jalan lain, yang ada saat berperang cepet maen bunuh penjajah saja biar gampang urusan.

Kalo inget perjuangan mahatma gandhi dkk, luar biasa, beliau dkk dipukul ga melawan apalagi membalas, yang penting mereka tidak menggunakan kekerasan.
Kalo kaya aku, ya pasti melawan biar cuma dipukul....

Ga kebayang deh perjuangan Gandhi....

adit38
Atiti
Atiti

Posts : 38
Join date : 2009-01-23
Age : 36
Location : Paya - NTB

View user profile http://adit38.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  sakradeva on Mon Mar 09, 2009 10:44 am

ada baiknya kita perdalam konsep catur pariksa
yaitu 4 jenis cara menyelesaikan masalah
1. Sama
2. Beda
3. Dana
4. Danda

1. Sama
Menyelesaikan suatu masalah dengan menyatukan persepsi dan pandangan kita
terhadap permasalahan yang ada

2. Beda
guna menghindari konflik dari suatu masalah maka pihak yg bertikai menempuh jalan
masing2 tanpa merugikan pihak yang lain

3. Dana
penyelesaian masalah dengan mengusahakan kemakmuran/ kekayaan dinikmati ber
sama

4. Danda
Peneyelesaian masalah dengan merapkan hukuman sesuai peraturan yang berlaku
dan bisa juga di artikan dengan menggunakan kekerasan bila ketiga cara sebelum
nya menemui jalan buntu.

catatan : dalam suatu keadaan tertentu, cara penanganan masalah tidak harus mengikuti 4 tahapan tersebut, bisa saja lompat dari Sama ke Danda bila keadaan memaksa.

sakradeva
Atiti
Atiti

Posts : 42
Join date : 2009-01-23

View user profile

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  adit38 on Thu Apr 02, 2009 3:39 pm

Mm....
Brati memang semua tindakan itu tergantung orangnya ya bro.
Kalau kaya sy bisa langsung ke danda, dan org lain mungkin bertahap. Sementara gandhi ga nyampe2 danda.
Smile

adit38
Atiti
Atiti

Posts : 38
Join date : 2009-01-23
Age : 36
Location : Paya - NTB

View user profile http://adit38.wordpress.com/

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  a4n merta on Wed May 23, 2012 1:27 pm

Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy flower mantab bos

a4n merta
Atiti
Atiti

Posts : 2
Join date : 2012-05-23

View user profile

Back to top Go down

Re: KRODA menurut Hindu

Post  Sponsored content Today at 7:06 am


Sponsored content


Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum